Pages

Sunday, August 18, 2013

LEBARAN TOPAT 2013, MASIH SEPERTI DULU KALA


 
Dari tahun ke tahun konsep perayaan lebaran topat yang dilakukan oleh masyarakat suku sasak tidak pernah berubah sama sekali. Sebelum perayaan dilakukan pada hari-H, terlebih dahulu sebagian masyarakat melakukan puasa syawal selama 6 hari, pada hari ke-6 masyarakat mulai menyiapkan pembuatan topat dan jajan bantal kemudian pada malam harinya topat dan bantal yang sudah di isi dengan beras dan ketan(reket) di masak hingga 5 jam lebih, setelah masak barulah topat dan bantal di angkat untuk di didinginka agar awet.


Pada hari H sekitar jam 7.30, sebagian masyarakat terlebih dahulu mengadakan ruwah mohon do’a keselamatan dengan cara mengundang keluarga dan tetangga. Barulah pada jam 8.00 bersiap-siap berangkat ke makam para wali maupun makam yang dikeramatkan. Kalau di Kota Mataram sendiri biasanya masyarakat berbondong-bondong ke makam Loang Baloq yang terletak di Tanjung Karang  Ampenan.

Walaupun ada kegiatan di makam Loang Baloq namun masyarakat sasak yang ada di pulau Lombok lebih banyak yang pergi ke Makam Batu Layar. Semua berkumpul menjadi mulai dari masyarakat Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat, Mataram dan Lombok Utara. Dan biasanya setelah pada mohon do’a di makam Batu Layar, masyarakat menyempatkan diri untuk melepas penat atau meninkmati deruaan ombak pantai Batu Layar. Tak terasa walaupun dari pagi sampai sore jam 18.00, masyarakat betah duduk memandangi hamparan pantai yang membiru.

Kalau tiba waktu sholat, biasanya sebagian ada yang langsung melaksanakan sholat dan sebagian juga bagi muda/mudi ada yang sampai libur sholat. Apakah ini disengaja atau tidak wallohu a’lam bishowat.

Semoga lebaran topat kali ini bias diambil manfaatnya oleh masyarakat agar bias menjadi masyarakat yang semakin tambah iman dan amal perbuatannya. Aamiin.  (Alfuad Gapuki)





anak hilang di pos keamanan


musholla darurat



anjingpun dpakae tuk menakuti masyarakt ddekat hotel dbawah makam





gaya pacaran ABG sekarang


narsis dl

cari kerang







No comments:

Post a Comment